Selasa, 08 Februari 2011

Tips Serta Urutan Rekaman Buat Band Pemula

Masuk dapur rekaman? Hmm.. terdengar menyenangkan. Apalagi bagi loe2 yang senang menyanyi dan bermain musik, dan terutama lagi bagi loe2 yang berkarier di dunia musik. Asyik dan seru itu pasti.

Tapi bagi loe yang anak band pemula dan ingin membuat rekaman lagu, tentunya ini merupakan hal baru. Nah, tips ini tentunya akan sangat membantu, terutama loe bisa menghemat waktu dan biaya dengan meminimalisasi kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan rekaman.

1. Matangkan dulu materi loe. Penguasaan materi akan mempercepat proses rekaman.

2. Loe harus mencatat semua track yang akan direkam.

3. Jangan lupa masukkan track gitar akustik karena terbukti dapat memberi sentuhan manis pada lagu loe.

4. Bagi para gitaris, usahakan membawa lebih dari satu gitar dan efek. Gunanya untuk membedakan karakter dan memperkaya sound loe. Usahakan bawa beberapa type gitar. Tapi biasanya satu gitar single coil plus satu humbucker sudah cukup.

5. Jangan grogi! Pada awalnya memang rekaman itu rasanya agak aneh. Terutama bagi para drummer karena harus duduk sendirian didalam studio dan selama tracking (perekaman), Cuman bisa mendengar suara metronome saja, sejago apapun drummer kemampuannya baru akan diuji ketika ia masuk ke ruang rekaman.
Nah, buat loe para gitaris, bassis, keyboardis, rekaman gak perlu dilakukan di dalam take room. Di control room saja sudah cukup. Resikonya, pada waktu tracking loe akan dikelilingi oleh teman band kita. Yang tentunya sesekali juga mencela permainan loe.

6. Kreatif, Jangan terlalu baku dengan aransemen yang udah loe bikin sebelumnya. Coba loe improve dikit-dikit. Kadang dari improve ini muncul hal yang dahsyat loh.

7. Kenalilah Sound Engineer (SE) loe. Kenal dengan SE itu penting karena selama proses rekaman, band loe akan selalu berhubungan dengan dia.

8. Sabar! yang membuat rekaman itu gak enaknya adalah kita harus ngedenger lagu yang sama diulang-ulang selama beberapa jam.

9. Jaga Kondisi. Kalo loe berencana nylesain proses rekaman dalam satu waktu sekaligus. So, jaga kondisi penting supaya loe bisa terus fokus dan konsentrasi.

10. Santai.. Buatlah proses rekaman sebagai sesuatu yang tidak membebani.

Dibawa enak aja, kalo loe stress pada waktu proses rekaman, bisa dipastikan hasil rekamannya ngga bakal bagus.

Berikut beberapa urutan dari sebuah rekaman yang perlu loe ketahui :

Pertama… Biasanya drum direkam terlebih dahulu. Pada proses rekaman drum. Drummer menggunakan metronome sebagi panduan tempo. Sedang untuk panduan lagu, biasanya salah satu personel yang lain mengiringi permainannya dari control room.

Kedua… Bass, Part ini paling simple. Satu kali take biasanya sudah cukup.

Ketiga… Melody & Rhythm/pengiring. Di bagian ini gitar rhythm, keyboard, gitar akustik, dan semua instrument pengiring direkam. Biasanya semua part rhythm direkam 2 kali. Gunanya supaya bisa dapet sound yang lebih megah dan tebal. Usahakan pake gitar dan settingan efek atau ampli yang beda tiap kali loe take.

Terakhir… Lead & Backing Vocal. part ini biasanya direkam paling akhir ketika keseluruhan musik sudah terekam.

Masukan… Buat para gitaris yang mo take lead gitar. Usahakan merekam beberapa versi lead yang berbeda untuk kemudian dipilih mana yang terbaik. Untuk vokal, jangan lupa memberi layer vocal dengan merekam backing vocal pula.

Nah, berikut tadi tips seputar rekaman sederhana. Bagi loe band pemula, selamat mencoba… [aa/sendhie.multiply.com]

1 komentar:

  1. mantapp, itu teh rekaman buat semua jenis genre, sama satu lagi mau nanya, emg setiap studio rekaman kaya gitu semuaaa ? :DD

    Keren kakak !!

    BalasHapus