Rabu, 24 November 2010

Mengatasi kendala 'Changed Sound'

Kadang kita mengalami masalah dalam hal sound disaat manggung, Padahal settingan di ampli en efek udah di samain kayak waktu cek sound, dan gak mungkin meleset coz ampe dicatet segala setelan tunnelnya. Tapi Knp bisa jd beda gitu ya? Apa mungkin krn settingan mixer di soundman berubah?

Ga' selalu karena hal itu kok,, ada banyak faktor yang mempengaruhi ini..

Langkah pertama, Cek soundnya, kalo bisa cek sound dengan opeartor mixernya juga. Klo settingan di amply sudah bener, pastikan juga sudah bener atau belum settingan di mixer operatornya? Klo sewaktu cek sound udah ngecek sound dengan operator mixernya, terus pas manggung suaranya beda dengan pas waktu cek sound, coba cek ke operator mixernya apa sudah disave settingannya? Selain itu ada beberapa hal lagi yg perlu diperhatikan,,

Kenapa setting mixernya juga perlu dicatat?, karena pas check sound untuk band yg lain settingannya pasti dirubah.
(Perlu crew untuk mendampingi soundman).

tadi gue ada bilang ada beberapa hal lain yang menjadi faktor berbedanya suara sound saat sound check dan saat manggung, beberapa diantaranya adalah Suhu & kelembaban udara,, ini juga ngaruh pada kecepatan dan jauhnya range suara loh,, rumusnya adalah :
Px1/4L (x-Y)-x2+@#$%@@%& ,,hahahah,, bo'ong,, jgn diapalin rumusnya, tp suhu dan kelembapan udara memang benar2 mempengaruhi..
dan sialnya perbedaan jangkauan suaranya gak flat... makanya kadang2 kolorisasi freq-nya berubah..

satu lagi yang bisa bikin suara berubah dari check sound sama pas lagi manggung tubuh audience itu sendiri, karena merupakan diffusor dan penyerap suara yg baik... jadi jumlah penonton juga ngaruh ke suara yang ketangkep kuping

Dan lagi, Kalo beda suhunya cukup banyak, ini pasti bakal beda... Misalnya lo check soundnya panas terik, tapi lo pentasnya tengah malam yg dingin.. kalo acaranya underground ato punk2 an dijamin band2 terakhir kalo nggak bawa kabel sendiri sudah pada crowded,, hahahaha....

jadi caranya :

Kalo makin banyak audience... makin di tambah reverbnya (atow di EQ, atow ditambah roomsize nya)

Kalo berubah suhu-kelembapan = maenin EQ nya (kadang2 nambahin-ngurangin delay di reinforcement speaker yang berada jauh di depan panggung, deket penonton bagian belakang....)

lumayan ribet jelasinnya...
dan gw ga tau apakah knowledge gw cukup utk ngejelasin

tapi untuk hal2 rumit seperti ini jelas tanggung jawab SE... bukan pemaen band..

pokoknya pemaen band tau beres aja lah... Klo soundnya masih nggak bagus juga berarti management ntu acara ngga' bisa me-Manage Sound pada acaranya sendiri.. jadi besok2 klo dia bikin acara lagi nggak usah ikutan aja,, hahahaha.

Intinya cukup sound check yang bener aja lah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar